Kamis, 14 November 2013

MERANGKUM PERILAKU KONSUMEN


BAB I
PENDAHULUAN
1.1    LATAR BELAKANG
Pemahaman akan perilaku konsumen adalah tugas penting bagi para pemasar. Para pemasar mencoba memahami perilaku pembelian konsumen agar mereka dapat menawarkan kepuasan yang lebih besar kepada konsumen. Tapi bagaimanapun juga ketidakpuasan konsumen sampai tingkat tertentu masih akan ada. Beberapa pemasar masih belum menerapkan  konsep pemasaran sehingga mereka tidak berorientasi pada konsumen dan tidak memandang kepuasan konsumen sebagai tujuan utama. Lebih jauh lagi karena alat analisis perilaku konsumen tidak pasti, para pemasar kemungkinan tidak mampu menetapkan  secara akurat apa sebenarnya yang dapat memuaskan para pembeli.
1.2    RUMUSAN MASALAH
  1.       Jelaskan mengenai perilaku konsumen ?
  2.       Jelaskan pendekatan perilaku konsumen ?
  3.       Jelaskan macam-macam pendekatan perilaku konsumen ?
  4.       Bagaimana kepuasan konsumen  terhadap macam-macam perilaku ?
  5.       Jelaskan konsep elastisitas dan macam-macam besaran elastisitas !
  6.       Jelaskan tentang apa itu produsen, dan fungsi produksi !
  7.       Bagaimana mengoptimalkan/memaksimalkan produksi ?
  8.       Menghitung dan memilih biaya yang paling maksimal !
1.3    TUJUAN MASALAH
Tujuan dari pembahasan perilaku konsumen adalah untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen.


BAB II
PEMBAHASAN
PERILAKU KONSUMEN

PENGERTIAN PERILAKU KONSUMEN
Menurut Shiffman dan Kanuk (2000) adalah “perilaku yang diperhatikan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan mengabaikan produk, jasa, atau ide yang diharapkan dapat memuaskan kebutuhannya dengan mengkonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan.”
Menurut Loudon dan Della Bitta (1993) adalah “proses pengambilan keputusan dan kegiatan fisik individu-individu yang semuanya ini melibatkan individu dalam menilai, mendapatkan, menggunakan, atau mengabaikan barang-barang dan jasa.”
Menurut Ebert dan Griffin (1995) adalah “upaya konsumen  untuk membuat keputusan tentang suatu produk yang dibeli dan dikonsumsi.”
PENDEKATAN PERILAKU KONSUMEN
Pendekatan untuk mempelajari tingkah laku konsumen ada 2, yaitu :
  1.  Pendekatan Marginal UtilitY
  2. Pendekatan Indifference Curve
Berikut penjelasan tentang pendekatan-pendekatan tersebut.

Pendekatan Marginal Utility
Adalah pendekatan yang beranggapan bahwa kepuasan konsumen dapat diukur dengan satu-satuan, misalnya uang. Marginal Utility adalah tambahan atau pengurangan kepuasan sebagai akibat dari pertambahan atau pengurangan satu unit barang tertentu.
Pendekatan Indifference Curve
Adalah yang beranggapan bahwa kepuasan konsumen hanya dapat dinyatakan lebih tinggi atau lebih rendah.
Ciri-ciri Indifference Curve :
Turun dari kiri atas ke kanan bawah. Cembung ke arah origin. Indifference Curve yang satu dengan yang lainnya tidak pernah saling memotong. Indifference Curve yang terletak di sebelah kanan atas menunjukkan tingkat kepuasan yang lebih tinggi dan sebaliknya.
KONSEP ELASTISITAS
Elastisitas adalah ukuran derajad kepekaan jumlah permintaan terhadap perubahan salah satu faktor yang mempengaruhi. Jika elastisitas lebih besar dari satu maka disebut elastic, sedangkan elastisitas kurang dari satu maka disebut inelastic, dan jika elastisitas lebih sama dengan satu maka disebut elastisitas tunggal.
Macam-macam besaran elastisitas :
  1.  Elastisitas permintaan.
  2.  Elastisitas permintaan dan total penerimaan.
  3.  Elastisitas penerimaan.
  4. Elastisitas silang.
  5. Elastisitas penawaran.
  6. Elastisitas fisika dasar.
  7. Elastisitas harga dari permintaan.
PERILAKU PRODUSEN
Definisi Produsen
Produsen adalah Badan yang membuat suatu yang baik melalui sebuah proses yang melihatkan bahan baku, komponen, atau rakitan, biasanya ada besar besaran dengan berbagai operasi yang berbeda dibagi antara pekerja.
Fungsi Produksi
Adalah fungsi yang menunjukkan hubungan antara berbagai kombinasi input yang digunakan untuk menghasilakan output.
MENGOPTIMALKAN DAN MEMAKSIMALKAN PRODUKSI
Cara mengoptimalkan produksi
  1. Biaya yang digunakan harus dipandang sebagai keuntungan potensial, bukan pengeluaran atau ongkos produksi yang memang harus di keluarkan.
  2. Setelah persepsi tentang biaya produksi diatas berubah, manajemen harus melaksanakan aktivitas produksi bernilai tambah dengan jalan berproduksi pada biaya produksi yang minimum.
  3. Keunggulan kompetitif produk di pasar akan meningkatkan pangsa pasra yang berarti akan meningkatkan penerimaan total (TR) dari penjualan produk itu.


BAB III

PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Ada tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen, yaitu :
1.      Pendekatan Interpretif.
2.      Pendekatan Tradisional.
3.      Sains Marketing.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar